Di balik kesuksesan konser Alicia Keys yang berlangsung di Jakarta, Kamis (31/7) malam, ternyata sebelumnya sempat menuai protes dari organisasi anti tembakau AS, Tobaco Free Kids, dan Komisi Nasional Perlindungan Anak terkait dengan sponsor konser oleh perusahaan rokok.

"Komnas Anak mendesak pada manajemen Alicia Keys soal sponsor rokok dalam konsernya untuk tidak dicantumkan, dan ternyata setelah dilakukan pengecekan di sekitar lokasi konser sudah tidak ada umbul-umbul atau logo produk rokok sponsor," ujar Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak, Seto Mulyadi alias Kak Seto, di Jakarta, Kamis (31/7) malam.

Kak Seto mengungkapkan, AS telah mengeluarkan larangan bagi artis-artisnya tampil dalam pertunjukan yang disponsori perusahaan rokok. Pihak Komnas PA, menurut Kak Seto, juga menerima surat dari sebuah organisasi yang peduli pada bahaya tembakau agar turut memantau apakah logo sponsor masih tercantum sebagai media promosi konser.

Dari hasil penelitian Komnas Anak dengan Universitas Hamka, lanjut Kak Seto, iklan rokok, promosi dan sponsor perusahaan rokok memiliki korelasi langsung dengan meningkatnya usia inisiasi dini perokok anak dan jumlah perokok.

Sementara itu, Direktur Hubungan Perusahaan PT HM Sampoerna Tbk Yos Adiguna Ginting mengatakan, pihaknya memutuskan untuk tidak memakai produknya dalam promosi penyelenggaraan konser Alicia.

"Namun demikian komitmen kami kepada penyelenggara untuk dapat terlaksananya konser ini, maka kami akan tetap memenuhi sesuai kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya," jelasnya.

Konser Alicia Keys di Jakarta merupakan bagian dari konser dunia bertajuk Alicia Keys As I`m World Tour. Promotor acara ini adalah Rini Noor Production yang pada 2007 menghadirkan konser Beyonce. Konser Alicia didukung sepenuhnya oleh merek rokok A Mild dari PT HM Sampoerna.

Belakangan sejak muncul kecaman dari organisasi anti tembakau di AS, pihak panitia menutup logo rokok yang ada di sejumlah materi promosi konser. Di Jalan raya sekitar Gelora Senayan menuju lokasi konser, sejak sore hari tidak terlihat adanya umbul-umbul merek rokok itu. Beberapa logo sponsor yang ada ditutup dengan lakban hitam.

Sang diva sendiri, Alicia Keys, seolah cuek dengan larangan tersebut. Penyanyi dengan sembilan penghargaan Grammy Award itu tetap tampil mempesona ribuan penggemarnya.

0 komentar:

Your Ad Here

Blog Archive