Ketika musik digital berformat MP3 masuk Internet, para penggemarnya bisa saling berbagi musik koleksi mereka - yang ditransfer dari cakram padat rekaman atau sumber lainnya - melalui jaringan pertukaran file peer-to-peer.

Yang paling ramai kala itu adalah Napster.com, yang para penggunanya bisa berbagi musik tanpa harus mengeluarkan sepeser uang pun. Tapi kepopuleran Napster harus berakhir karena dianggap melanggar hak cipta.

Sebagai gantinya, muncul layanan penyedia musik digital berbayar. Sebut saja Insound, Rhapsody, dan Apple iTunes Music Store. Tapi pelayanan penjualan musik tentunya berbeda untuk setiap negara dan melibatkan toko musik digital yang berbeda pula. Salah satunya dengan menggunakan WMP11, loe akan mendapatkan akses ke musik dunia di manapun loe berada.

Untuk membeli sebuah lagu, tentunya loe harus mempunyai koneksi internet dan kartu kredit yang masih berlaku. Kelebihan membeli ditoko musik digital yang tersedia dalam menu Windows Media Player 11 (WMP11), loe mempunyai kesempatan membeli lagu maupun musik tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumahloe.
Cara menggunakan WMP11:

1. Klik tab ’Music’ di WMP11, pelayanan toko musik digital yang tersedia akan muncul dalam daftar.

2. Loe kemudian dapat melanjutkan dengan berlangganan dan membeli musik digital pilihanloe dari toko digital musik pilihanloe juga tentunya.

Untuk musik indonesia salah satu penyedia musik digital ialah Independent Music Portal (importmusik.com). Perusahaan ini dimiliki oleh musisi terkenal Indonesia, Anang Hermansyah, yang dapat membantu musisi independen yang belum mempunyai kontrak dengan merek manapun untuk menyebarkan digital musik mereka untuk publik.

0 komentar:

Your Ad Here

Blog Archive