Alexa band

Posted by Julis D under , ,

diambil dari : rollingstone.co.id
Banyak orang membentuk band karena ingin kaya, ingin terkenal dan ingin dikejar-kejar wanita, atau bahkan tiga-tiganya. Lain halnya dengan Adhika Prabu Aprianto. "Kalau dari gue, ada hal yang simpel aja," ujar bassis berusia 22 tahun yang dijuluki JMono itu. "Pada saat gue ke kawinan, ada om gue: ‘Halo, katanya ngeband ya? Band-nya apa?' ‘Mmm...saya sih bantu Parkdrive.' ‘Apa tuh, ya?' ‘Ada deh, om.' ‘Lagunya apa ya?' "

Tapi rasanya paman JMono dan banyak pendengar musik lainnya di Indonesia akan segera tahu Alexa, band baru yang isinya nama-nama yang cukup dikenal di kancah musik Jakarta. Selain di Parkdrive, Mono sempat bermain bersama Nidji dan Ecoutez; Nur Satriatama Moersid alias Satrio (25) adalah mantan gitaris Maliq & D'essentials; Fajar Arifan (25) adalah drummer band hardcore Stepforward yang juga pernah membantu Seringai dan The Upstairs; gitaris Rizki "Kirong" Syarif (24) adalah bagian dari Manis Sedap, tim songwriter dan produser yang membuat lagu untuk Dewi Sandra, Rebecca dan Sania; dan Ananda Riztantio Singgih alias Aqi (27) sebelumnya lebih dikenal sebagai Ridzky, vokalis di dua album Tiket. Walau masing-masing personel memiliki pengalaman yang cukup tinggi dalam bermusik, mereka mengaku baru merasakan kepemilikan yang lebih tinggi di Alexa. "Gue anggap proyek-proyek sebelumnya batu loncatan, menuju sesuatu yang target utama. Alexa ini suatu band di mana gue ada sense of belonging," ujar Rizki.

"Ini situasi yang lebih membuka pandangan masing-masing personel untuk mengedukasi satu sama lain, untuk menjadi better person dari yang sekarang. Kami sangat memperjuangkan ini karena belajar dari pengalaman baik dan pahit masing-masing," kata Satrio. "Musik tak hanya bermain, tapi bisa lebih luas lagi. Gue pingin semuanya memiliki, ini ‘bayinya.' "

Alexa sendiri resmi terbentuk pada 13 September 2007, setelah Aqi selesai tampil membawakan lagu-lagu rock '90-an di sebuah kafe dan dibujuk keempat anggota lainnya untuk bergabung. "Ternyata, oke. Sevisi ama gue pingin ngeband kayak gimana. Ketok palu malam itu juga," kata Aqi, yang sempat mencoba kerja kantor setelah keluar dari Tiket di tahun 2004. Setelah formasi Alexa mantap, mereka langsung masuk studio untuk pre-production guna menggarap lagu-lagu yang sebagian besar diciptakan oleh Satrio. Album debut Alexa pun dirilis pada akhir Maret tahun ini, dan single pertama "Jangan Pernah Pergi" sudah banyak mendapat airplay.

Banyak faktor yang dapat membentuk anggapan bahwa Alexa adalah band idaman. Selain kemampuan dan pengalaman para anggotanya yang tak perlu diragukan, mereka menciptakan musik mainstream rock yang catchy, tapi tak cengeng seperti halnya banyak band yang muncul belakangan ini. "Kebetulan pas gue dulu SMP, mulainya dengan musik seperti ini, kayak Weezer, Green Day, Nirvana. Musik Alexa menjadi basic musikalitas gue," kata Fajar. "Gue pribadi pas awal diajak bergabung bilang, ‘Di sini kita main musik yang benar, ‘kan? Yang kita suka?' Itu yang paling utama. Mudah-mudahan industri dan masyarakat bisa menerima, cuma kami mulainya dari situ. Lagu-lagu ini harus kami suka dulu. Mau orang suka atau nggak, belakangan."

Tak dapat dipungkiri juga bahwa fisik menarik para anggota Alexa akan membuat orang semakin suka, walau mereka mengaku kadar kegantengan tak termasuk faktor yang dipertimbangkan saat membentuk band. "Kami nyari pertemanan dulu. Banyak sebelumnya yang lebih ganteng dari Aqi sama Kirong, cuma kebetulan yang berlima ini merasa kenal lama, padahal belum tujuh bulan," kata Fajar.

Alhasil, lima orang inilah yang akan membuat nama Alexa diketahui oleh para pendengar musik di seluruh Indonesia, termasuk paman JMono. "Gue pas bikin band ama Fajar, cuma sekali latihan dan besoknya gue nggak mau ikut. Gue juga pernah ada beberapa proyek dengan Satrio yang, ‘Nggak, ah,' " kata JMono. "Tapi gue main ama Satrio di sini sangat yakin. Gue sangat yakin dengan Fajar, Kirong, Aqi sama Satrio."

1 komentar:

On October 6, 2008 at 6:28 PM , Anonymous said...

hhaa. alexa itu mulai dibentuk kpn sii ? terus, klo mo jdi ALEXIS gmn yaa ?

 
Your Ad Here