"Lagu cinta melulu. Kita memang benar-benar melayu. Suka mendayu-dayu." Efek Rumah Kaca punya cara sendiri mengungkapkan kegelisahan hati mereka.

Kalimat di atas adalah penggalan lirik dari lagu 'Cinta Melulu' yang jadi jagoan dalam album self titled 'Efek Rumah Kaca'. Dua belas lagu bertema segar dengan aransemen yang serba kacau dihidangkan dengan porsi yang sangat pas. Pas dengan telinga, pas dengan suasana Indonesia dan pas dengan bimbangnya pasar musik kita.

Banyak ulasan mengatakan band indie yang digawangi Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (bass/vokal) dan Akbar Bagus Sudibyo (drum) ini bisa membuat sensasional. Karya mereka dipercaya laris manis dan jadwal pentas pun semakin padat.

Ini karena Efek Rumah Kaca menawarkan sesuatu yang sangat berbeda. Dari masalah gay, polusi, pemanasan global, perjuangan aktivis Munir hingga larisnya lagu menye-menye di Indonesia jadi perhatian mereka.

Dengar saja 'Cinta Melulu' yang dibalut nada ceria dengan tempo yang sangat pas. Lagu ini merajalela di banyak radio sejak beberapa minggu lalu.

'Jatuh Cinta itu Biasa Saja' sangat menarik rasa penasaran. Syair yang sangat sastra dengan musik mellow terdengar cocok memanjakan telinga. Nuansa indie yang kental kentara di semua lagu-lagu mereka.

Kita berdua tak pernah ucapkan maaf, tapi saling mengerti...
Kita berdua tak hanya menjalani cinta, tapi menghidupi...

'Jatuh Cinta itu Biasa Saja' bisa jadi satu-satunya lagu cinta di album ini. 'Belanja Terus Sampai Mati' berkisah tentang betapa konsumtifnya masyarakat kita. Melodinya sangat oldies dengan karakter vokal Cholil yang sangat pintar memainkan nada.

'Desember' mencuri perhatian dengan cara yang unik. Lagu kesakitan yang didendangkan dengan tegar. Sementara 'Sebelah Mata' mampu membius Anda dalam rasa sakit yang sangat bersahabat. Perpaduan emosi yang garang. Efek Rumah Kaca seharusnya jadi sejarah di masa mendatang.

Daftar track album self titled Efek Rumah Kaca:
1. Jalang
2. Jatuh Cinta Itu Biasa Saja
3. Bukan Lawan Jenis
4. Belanja Terus Sampai Mati
5. Insomnia
6. Debu-debu Berterbangan
7. Di Udara
8. Efek Rumah Kaca
9. Melankolia
10. Cinta Melulu
11. Sebelah Mata
12. Desember

http://efekrumahkaca.multiply.com/

0 komentar:

Your Ad Here

Blog Archive